Welcome To Join Us

Selamat datang di blog kami, Pelangi Indonesia.
Blog kami bukan hanya memberikan informasi tentang keindahan panorama alam saja, namun juga dilengkapi serba-serbi informasi layaknya warna pelangi.

Minggu, 19 April 2015

Ikan Solera Merah



     Nama ikan Solera Merah, yang dinobatkan sebagai satwa nasional air sejak 9 Januari 1995. Ternyata menarik perhatianku untuk mencari tahu, seperti apakah ikan Solera Merah tersebut? 
    Karena di banyak blog, ikan Solera Merah hanya terjelaskan sebagai satwa nasional air sejak 9 Januari 1995. Tanpa adanya keterangan lebih mendetail seperti apa sebenarnya karakter dari ikan Solera Merah tersebut? Seakan begitu sulitnya mencari keterangan-keterangan tentang ikan Solera Merah tersebut untuk dikumpulkan menjadi sebuah tulisan baru dalam blog kami. Atau mungkin saja keberadaan ikan Solera Merah tersebut tanpa kita sadari telah ada di sekitar kita. 
    Dari blog-blog berbagai sumber, postingan-postingan tentang ikan Solera Merah nyaris hampir serupa.  Sebagai contoh, coba saja jika Anda mencarinya (searching) dalam Google. Maka akan tampil blog-blog yang berbeda namun dengan postingan tentang ikan Solera Merah yang nyaris serupa, yaitu perihal ikan Solera Merah yang dinobatkan sebagai satwa (hewan) nasional air, itu saja. Hal seperti inilah yang membuat penasaran hingga kami mencari tahu tentang ikan Solera Merah tersebut.
     Mencari (searching) di internet pun masih sulit mendapatkan artikel tentang ikan Solera Merah. Mulai dari blog kenalan tentang mancing, tempat jual beli ikan, restauran yang menyajikan menu-menu ikan pun tak terdapat artikel ikan yang satu ini. Keberadaanya seakan menjadi misteri di perairan.


     Siang ini, Jum'at 20 April 2012, akhirnya terungkap juga rasa penasaran perihal ikan Solera Merah. Benar saja, jenis ikan ini adalah jenis ikan yang sudah teramat kita kenal keberadannya. Dari kurang lebih 2 bulan penelusuran searching di internet, dengan web dari wikipedia, akhirnya terungkaplah rasa penelusuran dan penasaran kami. Mengapa jika di searching dengan nama ikan Solera Merah, tampilan posting-an dari banyak blog hanya berisi tentang artikel yang itu-itu saja? Yaitu tentang ikan Solera Merah yang dinobatkan menjadi hewan nasional air. Tanpa ada keterangan lebih lanjut tentang jenis ikan yang satu ini; karakter, bentuk, dan lain-lain. Siapa dan apa sebenarnya nama ikan Solera Merah?
     Kami menemukan petunjuk artikel tentang nama ikan yang satu ini, kemudian berujung dan mengarah kepada nama salah satu jenis ikan di Indonesia yang akhirnya pasti sudah akrab di telinga. Awalnya sebuah perkiraan, namun kini menjadi kepastian bahwa ikan Solera Merah memiliki nama lain yang dikenal dengan sebutan Siluk Merah. Hal yang memastikan mereka (Solera Merah, Siluk Merah) satu jenis ikan yang sama adalah keduanya berpredikat sebagai satwa pesona, sebutan bagi satwa nasional air.

     Ikan Solera Merah atau Siluk Merah adalah salah satu spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Ikan ini memiliki badan yang panjang, sirip dubur terletak jauh di belakang badan. Solera Asia umumnya memiliki warna keperak-perakan. Solera Asia atau Arwana Asia (Scleropages formosus) juga disebut "Ikan Naga", karena sering dihubung-hubungkan dengan naga dari Mitologi Tionghoa.
     Sebenarnya, ikan Solera Merah atau Siluk Merah, lebih dikenal dengan nama Arwana Merah. Ya, Solera adalah Arwana, ikan Solera adalah ikan Arwana, dan ikan Solera Merah adalah ikan Arwana Merah.
     Habitat Arwana Merah itu hanya ada di Indonesia, karena hal inilah mungkin ikan Arwana Merah atau ikan Solera Merah dinobatkan sebagai satwa nasional air, satwa pesona.

     Hal ini diperkuat berdasarkan klasifikasi dari Arwana Asia. Arwana Asia adalah spesies asli sungai-sungai di Asia Tenggara khususnya Indonesia. Ada empat varietas warna yang terdapat di lokasi:
  • Hijau, ditemukan di Indonesia, Vietnam, Birma, Thailand, dan Malaysia
  • Emas dengan ekor merah, ditemukan di Indonesia
  • Emas, ditemukan di Malaysia
  • Merah, ditemukan di Indonesia
      Jumlah spesies ini (Arwana Asia) yang menurun dikarenakan seringnya diperdagangkan karena nilainya yang tinggi sebagai ikan akuarium, terutama oleh masyarakat Asia. Pengikut Feng Shui dapat membayar harga yang mahal untuk seekor ikan ini.
     Arwana Asia terdaftar dalam daftar spesies langka yang berstatus "terancam punah" oleh IUCN tahun 2004. IUCN, International Union for Conservation of Nature and Natural Resources, kadang-kadang juga disebut dengan World Conservation Union. World Consevation Union adalah sebuah organisasi internasional yang didedikasikan untuk konservasi sumber daya alam. Badan ini didirikan pada 1948 dan berpusat di Gland, Switzerland. IUCN beranggotakan 78 negara, 112 badan pemerintah, 735 organisasi non-pemerintah dan ribuan ahli dan ilmuwan dari 181 negara. Tujuan IUCN adalah untuk membantu komunitas di seluruh dunia dalam konservasi alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar