Welcome To Join Us

Selamat datang di blog kami, Pelangi Indonesia.
Blog kami bukan hanya memberikan informasi tentang keindahan panorama alam saja, namun juga dilengkapi serba-serbi informasi layaknya warna pelangi.

Minggu, 17 Agustus 2014

Lagu Indonesia Sepanjang Masa ( i ): W.R. Supratman - Indonesia Raya


Wage Rudolf Supratman
Mengapa lagu ini kusebut sebagai lagu Indonesia sepanjang masa? Tentu kalian paham dengan jawabannya. Pertanyaan itu seakan menjadi pertanyaan formalitas belaka, namun bisa jadi pertanyaan itu adalah sebagai pengingat arti di balik lagu tersebut. Kita semua sebagai rakyat Indonesia tentu paham akan jawabannya. 
Lagu ini bukan sekedar hidup, semuanya. Mulai dari lirik, alunan setiap nadanya, menjiwa mengakar menjadi satu. Lagu ini adalah masterpiece bagi bangsa Indonesia. Lagu ini adalah nyanyian bersama oleh dan bagi bangsa Indonesia. Lagu ini adalah paduan suara yang serempak mengalun indah di seantero nusantara. Lagu ini adalah kobaran semangat perjuangan bangsa Indonesia dalam memerdekakan tanah air. Karena lagu Indonesia Raya adalah lagu kebangsaan negara kita tercinta, Indonesia.
Semenjak dibuat lirik dan musiknya pada tahun 1924, butuh lebih kurang 21 tahun untuk lagu ini menjadi lagu yang dikumandangkan saat Indonesia memproklamirkan diri pada 17 Agustus 1945 sebagai sebuah negara.  


Lagu sakral bangsa Indonesia ini terdiam menunggu waktu selama lebih kurang 21 tahun lamanya untuk menjadi tenar dan terkenal di seantero tanah air, dan belum ada yang memecahkan rekor itu.
Empat tahun lebih kurang setelah lirik dan musiknya dibuat, pada 28 Oktober 1928 dalam Kongres Pemuda II di Batavia, lagu ini untuk kali pertama diperkenalkan oleh W.R. Supratman. Lagu ini menjadi pertanda bagi kelahiran pergerakan nasional. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar