Welcome To Join Us

Selamat datang di blog kami, Pelangi Indonesia.
Blog kami bukan hanya memberikan informasi tentang keindahan panorama alam saja, namun juga dilengkapi serba-serbi informasi layaknya warna pelangi.

Jumat, 11 Mei 2012

Gua Pindul




Sebuah gua adalah sebuah lubang alami di tanah yang cukup besar dan dalam. Beberapa ilmuwan menjelaskan bahwa dia harus cukup besar sehingga beberapa bagian di dalamnya tidak menerima cahaya matahari; namun dalam penggunaan umumnya pengertiannya cukup luas, termasuk perlindungan batu, gua laut. Kata "gua" berasal dari bahasa Sanskerta guha.

Postingan ini kali tentang gua, kita akan mengulas sedikit tentang Gua Pindul. Jika dari Yogyakarta ---> naik menuju Wonosari, setelah sampai di gapura kota Wonosari masih lurus sekitar 1 KM nanti ada bunderan Siyono, ambil kekiri lurus, perempatan pertama lampu merah masih lurus, selanjutnya ada perempatan biasa ambil ke kiri, ikuti arah penunjuk jalan. Alamat Sekretariat Desa Wisata Bejiharjo, Gelaran 1 Bejiharjo Karangmojo GK.




Di antara bukit-bukit kapur di Gunungkidul terdapat gua-gua dengan sungai di dalamnya. Fenomena alam ini sangat menarik untuk disusuri, salah satunya adalah Gua Pindul. Untuk dapat masuk dan menikmati keindahan stalagmit dan stalagtit di Gua Pindul, kita harus menggunakan ban pelampung sebagai kendaraan pribadi kita.

Cara ini dikenal dengan nama cave tubing, atau kombinasi antara rafting dengan caving menggunakan ban pelampung. Alas kaki yang tahan air juga dibutuhkan saat tubing. Walaupun bertubing aman, tetap utamakan keselamatan, jangan lupa mengenakan jaket pelampung Anda.

Untuk mencapai mulut goa Anda harus berjalan kaki 15 menit lamanya. Gua yang diresmikan sebagai tempat wisata pada tanggal 4 oktober 2010 ini memiliki sungai di dalamnya dengan kedalaman 5 hingga 8 meter, dan panjang goa sekitar 350 meter. Dan goa pindul ini terbagi menjadi 3 zona, zona terang, zona remang, dan zona gelap abadi.

Di dalam goa terdapat stalagmit yang dipercaya masyarakat sekitar, mampu memberikan keperkasaan bagi pria yang bisa memegangnya. Oyaa bagi wanita, ada juga loh stalagtit air mutiara, yang konon katanya air dari stalagtit ini bisa memberikan kesuburuan, kecantikan dan enteng jodoh. Boleh percaya boleh tidak.

Nah masih ada satu lagi keajaiban alam di Gua Pindul. Coba pukul dan dengar suara yang dihasilkan stalagtit tersebut. Dikenal dengan nama batu gong karena mampu mengeluarkan suara layaknya gong.

Setibanya di ujung gua, batu dengan tinggi 3 meter telah menunggu Anda yang ingin meloncat dan berenang di sungai Goa Pindul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar