Welcome To Join Us

Selamat datang di blog kami, Pelangi Indonesia.
Blog kami bukan hanya memberikan informasi tentang keindahan panorama alam saja, namun juga dilengkapi serba-serbi informasi layaknya warna pelangi.

Jumat, 04 Mei 2012

Abdullah bin Rawahah


     Abdullah bin Rawahah berasal dari Bani Kharaj. Ia adalah salah satu dari sahabat Nabi Muhammad SAW. Ia mahir dalam membuat puisi indah yang menggambarkan Islam.  Salah satu syairnya yaitu, dari Aisyah r.a., bahwa Rasulullah SAW pernah bersyair dengan syair Abdullah bin Rawahah yang berbunyi: "Hari-hari membawa berita yang tidak kau ketahui."
    
     Ia adalah salah satu dari duabelas orang pertama yang menyatakan keislaman dari kalangan Anshar sebelum terjadinya Hijrah (Bai'at Aqabah Pertama). Ia juga mengikuti Bai'at Aqabah Kedua bersama dengan 73 orang lainnya. Ia mengikuti setiap pertempuran dalam membela Islam. Dalam Pertempuran Mu'tah, ia menjadi panglima perang dalam pertempuran, apabila Zaid bin Haritsah atau Ja'far bin Abi Thalib tewas sebagai panglima perang Pertempuran Mu'tah sebagai panglima perang pertama dan panglima perang kedua. 
    
     Ia panglima perang ketiga yang tewas dalam pertempuran Mu'tah, kemudian tempatnya sebagai panglima perang digantikan oleh Khalid bin Walid atas persetujuan seluruh anggota pasukan dalam pertempuran Mu'tah. Ia wafat pada 629.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar