Welcome To Join Us

Selamat datang di blog kami, Pelangi Indonesia.
Blog kami bukan hanya memberikan informasi tentang keindahan panorama alam saja, namun juga dilengkapi serba-serbi informasi layaknya warna pelangi.

Sabtu, 07 Februari 2015

Lagu Jepun Sepanjang Masa ( ii ): Mayumi Itsuwa - Kokoro No Tomo


Mayumi Itsuwa
Mengapa lagu ini kusebut sebagai lagu Jepun sepanjang masa? Kalian akan tahu jawabannya setelah yang satu ini. Upsss..
Baiklah! Akan kuuraikan mengapa aku menyebutnya lagu Jepun sepanjang masa?
Lagu ini hidup, semuanya. Mulai dari videoklipnya, pemain videoklipnya. Musiknya, bahkan hingga liriknya. Tentu tidak terlepas juga dari sang penyanyinya ya.. Hee.. Mereka membaur menciptakan masterpiece melalui sebuah lagu. 
Kali pertama aku tahu lagu ini, kalau tidak keliru itu sekitar akhir dasawarsa 90'an. Dan kali pertama aku mendapatkan lagu ini, bukan dalam bentuk mp3 (karena dahulu mp3 belum begitu menjamur). Aku mendapatkan lagu ini bukan dari mp3, melainkan dalam bentuk video sebuah lagu dari seorang teman SMA, sebut saja Hansobat.
Beberapa poin di bawah ini yang menguatkan argumenku. Mengapa lagu Jepun milik Mayumi Itsuwa yang berjudul Kokoro No Tomo ini kusebut sebagai lagu Jepun sepanjang masa? Cekidot:

 .
1. Faktor Andi Lau..
Nahlo kok Andi Lau.. Hee.. Karena ada faktor Andi Launya, ya mungkin. Hee.. Tentu kalian yang hidup di masa-masa awal film-film mandarin sedang populer di tanah air, kenal siapa Andi Lau? Mulai sekitar awal tahun 1990, aku mengkonsumsi film-filmnya dilayar kaca malam, dengan bertajuk Layar Emas di salah satu stasiun tv swasta. Dahulu hingga kini, ternyata aku penyuka Andi Lau, film-film yang dibintanginya. Aku pun mengoleksinya dalam bentuk kepingan CD maupun DVD. Apalagi ketika dalam film Andi Lau berpasangan dengan Rosamund Kwan.. Arrrgh, sungguh pasangan yang serasi.. Mereka bagai soulmate di dunia akting.. Nah, lantas apa korelasinya Andi Lau sama lagu ini.. Hee..
Andi Lau adalah tokoh dalam videoklip lagu ini, dan tahu tidak siapa pasangannya dalam videoklip itu? Pasangannya dalam videoklip itu adalah Rosamund Kwan.. Arrgh.. Wanita berwajah tirus yang satu ini, idaman para lelaki, bahkan aku. Hee..
Atau malah lagu ini sebagai theme song dalam sebuah film Andi Lau bersama Rosamund Kwan, mm.. Tapi aku belum merisetnya shh hingga kini, cuma baru perkiraan.. Jadi, tetap sebut saja dalam sebuah videoklip. Dalam cuplikannya, di situ juga digambarkan adanya kemunculan orang-orang bertopeng, dan topeng itu sering disebut sebagi Topeng Anonimus.

2. Alunan musiknya..
Easy listening, emosi perasaan, dan ekspresi penjiwaan dalam lagu. Itulah mengapa lagu tersebut mudah diterima di negeri kita tercinta ini. Walau kita tidak mengerti bahasa Jepang, namun musik itu menjadi bahasa yang universal. Unsur-unsur tersebut di ataslah yang membuat penyampaian kepada kita untuk mudah mencernanya.
Fenomenanya, lagu ini lebih dulu dikenal di Indonesia ketimbang di negeri asalnya. Nahlo, kok bisa? Begini cerita singkatnya, hee.. Karena pada awalnya, tahun 1982 (rilis lagu), lagu ini di negeri asalnya tidak tayang di media-media. Lagu ini baru go public di Jepang pada tahun 1988. Itulah mengapa lagu tersebut awalnya lebih dulu tenar di Indonesia, yang semenjak rilisnya sudah  beredar langsung familiar di negeri kita.   

3. Liriknya..
Ingin tahu seperti apa liriknya? Simaklah dengan terjemah bahasa Indonesianya. Kalian pasti akan terenyuh dengan liriknya, cekidot:

Kokoro No Tomo (Teman Di Hati)
By: Mayumi Itsuwa

Anata kara kurushimi ubaeta sono toki
(kala itu mampu kulepaskan kesedihan dari hatimu)
Watashinimo ikite yuku yuki ga waite kuru
(semangatku pun bergelora menapaki jalan hidup ini)
Anata to de au made wa kodoku na susurai bito
(sebelum bersama denganmu, kesepian aku berkelana)
Sonote no nukumori o kanji sasete
(biar kurasakan hangatnya jemarimu)
Ai wa itsumo rarabai
(cinta senantiasa meninabobokan)
Tabini tsukareta toki
(tatkala lelah dalam perjalanan)
Tada kokoro no tomoto, watashi o yonde
(ingatlah diriku sebagai teman hati)
Shinjiau kokoro sae dokaka ni wasurete
(bahkan hati yang saling percaya terlupa entah di mana)
Hito wa naze sugita hi no shiawase o ikareru
(mengapa orang-orang mengejar kebahagiaan yang telah berlalu)
Shizuka ni mabutta tojite kokorono doa o hiraki
(pejamkan matamu perlahan dan singkaplah jendela hatimu)
Watashi o tsukandara namida fuite
(raih tanganku dan usaplah air matamu)
Ai wa itsumo rarabai
(cinta selalu meninabobokan)
Anatawa yowai toki
(manakala engkau lemah)
Tada kokoro no tomoto, watashi o yonde.
(ingatlah diriku sebagai teman hati).

----

Itulah mengapa aku menyebutnya sebagai lagu sepanjang masa yang berasal dari negeri sakura tersebut? Seorang diva yang dapat menghidupkan lagunya. Membuat familiar di Indonesia hingga kini.
Cikal bakal musik mandarin klasik modern diterima masuk ke Indonesia, membuka pintu gerbang dengan mudahnya. Semoga bermanfaat..


Rosamund Kwan
Andi Lau
Sumber: Mbah Google



Tidak ada komentar:

Posting Komentar