Welcome To Join Us

Selamat datang di blog kami, Pelangi Indonesia.
Blog kami bukan hanya memberikan informasi tentang keindahan panorama alam saja, namun juga dilengkapi serba-serbi informasi layaknya warna pelangi.

Minggu, 07 Oktober 2012

Cileungsi Tempoe Doeloe

     Cileungsi merupakan nama daerah yang terletak di kabupaten Bogor. Cileungsi sendiri berada di timur Bogor yang kini telah menjadi titik strategis. Cileungsi bisa dikatakan daerah titik temunya empat daerah, yaitu Bekasi, Cibubur, Jonggol, dan  Bogor. 
     Jika dari Cileungsi mengambil arah utara, maka kita akan menemukan kota Bekasi. Jika dari Cileungsi mengambil arah barat, maka kita akan menjumpai daerah Cibubur. jika kita mengarah ke selatan, maka kita akan menjumpai kota Bogor. dan jika kita mengarah ke timur, maka kita kan menelusuri kawasan Jonggol yang bisa menembus terus ke Cianjur bahkan Bandung.
     Keberadaan Cileungsi tak luput pula dari jajahan Belanda. Salah satu warisan Belanda di Cileungsi yaitu penjara bawah tanah Cileungsi. Seperti penjara bawah tanah di kota-kota besar warisan Belanda, keberadaannya terletak di sekitar alun-alun suatu daerah. 
     Iya, penjara bawah tanah Cileungsi berada tak jauh di sisi barat alun-alun Cileungsi. Yang jadi pertanyaan sekarang, di mana letak alun-alun Cileungsi tempoe doeloe? Alun-alun Cileungsi sendiri berada di pelataran masjid besar kaum Cileungsi, yaitu Masjid Al-Muqqorobbin Cileungsi. 
     Iya, pelataran masjid kaum adalah alun-alun Cileungsi tempoe doeloe. Seperti pada umumnya sejak era kerajaan-kerajaan bahwa alun-alun terletak di pelataran masjid besar suatu daerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar